Surga bawah laut di Ujung Sulawesi Selatan, Takabonerate

Bagi hobi menyelam di lautan Indonesia pasti tahu Takabonerate, dengan keunggulannya sebagai karang atol terbesar ketiga dunia menjadikan tempat ini wajib kunjung bagi para diver. Seperti yang sudah saya sampaikan pada artikel sebelumnya  bahwa Takabonerate memiliki biodiversitas biota dan terumbu karang yang sangat tinggi serta beragam.

IMG_1911Dengan 261 jenis terumbu karang dari 17 famili bisa kita temukan pada saat menyelam di Takabonerate, diantaranya Pocillopora eydouxi, Montipora danae, Acropora palifera, Porites Cylindrica, Pavona clavus, Fungia concinna, dan lain-lain. Sebagaian besar karang tersebut telah membentuk terumbu karang ataol (barrier reef) dan terumbu tepi (fringing reef).

IMG_20150518_201907 14Di takabonerate senidiri memiliki spot diving sekitar 26 spot, belum lagi spot yang baru ditemukan tetapi belum diberikan nama. Ada spot wall yaitu Spot wall reef, pada spot ini di kedalaman 28 meter saya bertemu dengan hiu karang yang besarnya sekitar 3 meter. Ada lagi spot lembaran daun, dimana spot ini hamparan gugusan karang yang berbentuk daun, ada warna ungu, biru dan di dominasi dengan warna hijau. Spot Ibel yang dimana pada saaat diving kita bisa melihat gundukan karang seperti bukit di dalam laut. Di spot Acropora pada kedalaman 5-12 meter kita dapat jumpai terumbu karang yang cantik sejauh mata memandang. Dan spot-spot diving lainnya yang tak kalah cantik seperti Taka Gantarang, Hantu Ceria, Tabulate, Corina Corner, Taka Mollori, Spot Pinky Fish, dan lain-lain.

IMG_7496

 

 

IMG_20150516_232755IMG_0022Fauna Takabonerate terdapat sekitar 295 jenis ikan karang dan berbagau jenis ikan konsumsi, seperti Kerapu (Epinephelus spp), Baronang (Siganus sp), Cakalang (Katsuwonus sp), dan yang dilindungi habitatanya adalah iklan Napoleon Wrasse (Cheilinus undulatus). Tak hanya ikan, Takabonerate juga kaya akan Moluska. Ada 244 jenis moluska disana, diantaranya Kima Sisik (Tridacna squamosa), Kerang Kepala Kambing (Cassis Cornuta), Triton (Charonia Tritonis), Kerang Mutiara (Pinctada spp), dan lain-lain.

DCIM100GOPROG0160339.

Spot Wall Reef

Mengapa Takabonerate termasuk dikatakan surge bawah laut? Pesona laut berserta isinya tak dapat dipungkiri keindahannya, cantik!

Spot Bulu Ayam

Spot Bulu Ayam

DCIM100GOPROGOPR0206.

Spot Lembaran Daun

Iklan

One thought on “Surga bawah laut di Ujung Sulawesi Selatan, Takabonerate

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s