DIVING WITH THE GENTLE GIANTS: WHALE SHARK GORONTALO

IMG_2641

Pagi ini pintu kamar penginapan saya diketuk jam 05:00 WITA, itu tandanya saya dan teman-teman saya sudah dijemput oleh Mas Yunan, guide perjalanan kami untuk berangkat mengarungi lautan indah di Gorontalo.

Pagi ini adalah dive kedua setelah tiba di Gorontalo kemarin, dive spotnya dengan Whale Shark katanya. Betapa bersemangatnya kami untuk diving di spot ini, karena tujuan saya diving salah satunya adalah bisa melihat Hiu Paus yang sangat besar ini.

Cukup 10 menit dari kota kami sudah tiba di Desa Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Sesampai di bibir pantai saya berkata ke Dive Master kami Bang Noldy “Disini bang?” (dalam hati kok deket banget denga bibir pantai ya)

DSC_7358Awalnya sebuah pabrik udang di dekat pantai membuang kepala dan kulit udang ke dekat laut lalu tanpa disangka gerombolan Whale Shark ini suka datang untuk memakannya. Dan sekarang kepala dan kulit udang tersebut dijual belikan untuk para wisatawan datang melihat Whale Shark, begitu cerita bapak-bapak disekitar pantai yang menyewakan tempat untuk sekedar duduk dipantai. Untuk masuk kesini dikenakan tiket sebesar Rp 15,000 saja belum termasuk sewa kapal dll. Jangan lupa kasih tips bapak guidenya ya šŸ™‚

Sejak Desa Botubarani ini “Terkenal” karena Whale Sharknya maka tak hanya warga Gorontalo yang berbondong-bondong datang untuk berfoto tapi turis luar daerah dan asing pun datang dengan penasarannya untuk melihat langsung si Hiu Paus ini. Jumlah Whale Shark disini mencapai 17 dan katanya itu semua jantan. Seringkali dengan penasarannya para wisatawan justru tak mengindahkan aturan. Hiu paus ini pun mulai luka-luka di badannya, akibat tersepak, terinjak dan terkena baling-baling mesin kapal.

IMG_2983Dengan adanya hal itu makanya sekarang pemerintah dan pegiat lingkungan membuat aturan. Sekarang kapal-kapal hingga jumlah penumpangnya sudah diatur, pengunjung tidak diperbolehkan memegang Whale Shark dengan sengaja, tapi kalau Whale Shark yang mendekati lalu jadi tersentuh it’s OK! (pada saat foto-foto saya ditabok dengan ekornya)

Oke, Let’s dive!

Cuacanya memang agak mendung dan sedikit gerimis, ini membuat visibility-nya jadi agak keruh tidak seperti biasanya. Tenang saya sudah di kedalaman 25 meter (clingak clinguk mana hiu pausnya) lalu dive master saya memberi kode untuk naik ketas, dan tak lama saya di kedalaman 18 meter tiba-tiba ada suatu bayangan besar diatas kepala saya dan ketika saya melihat keatas, HAH! gede bangetttttt

IMG_2230Seolah saya melihat sebuah bus trans jakarta ada didalam laut. Silih berganti beberapa menit muncullah satu per satu Hiu Paus ini. Sambil asik mengambil gambar dan video saya berfikir dia tidak akan mendekat tetapi mereka malah lebih mendekat dan ternyata mereka suka memakan gelembung udara yang keluar pada saat saya mengeluarkan nafas, Hiu Paus itu mengiranya adalah makanan mereka, hahaha mereka dikelabui!

IMG_2654IMG_2652IMG_2642

Saking excitednya saya sampai 3 kali log diving disini. Seru dan senang sudah pasti tapi ingat, aturan harus tetap dipatuhi ya. Dan tertanam di otak saya Whale Shark ini jinak dan memang benar-benar jinak, hanya saja biar bagaimana pun Hiu Paus tetaplah binatang liar. Ingat! Jangan disentuh, jangan memasukkan atau memberi sembarang makanan ke dalam mulutnya dan jangan panik ya šŸ™‚

Untuk diving disana bisa hubungi Aqua Diving Center dengan Yunan 082191222456 bilang aja temannya Arnis, nanti dikasih harga cantik deh šŸ˜›

Ayo jalan-jalan keliling Indonesia cantikkkkkk

Iklan

2 thoughts on “DIVING WITH THE GENTLE GIANTS: WHALE SHARK GORONTALO

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s